Jumat, 03 Januari 2014

Sejak Kapan Manusia Punya Tradisi Bikin Resolusi Tahun Baru?

Resolusi yang dibuat untuk mengejar impian seseorang di tahun yang baru mungkin tidak disadari masyarakat dari mana muasal tradisi ini. Tahukah Anda, kebiasaan membuat daftar impian ini ternyata sudah dimulai oleh orang-orang Romawi kuno.

"Pejabat tinggi Romawi membuat resolusi agar tetap setia kepada republiknya dan bersumpah di hadapan Kaisar pada tanggal 1 Januari," kata Profesor Richard Alston dari Department of Classic di Royal Holloway University.

Menurut Profesor Alston, sebuah perayaan tahunan dilakukan bangsa Romawi untuk memperbarui hubungan antara rakyat, negara, dan para dewa.

Pada Tahun Baru, semua warga negara Romawi diberikan sebuah kesempatan untuk merenungkan masa lalu dan memandang ke tahun depan.

Pada tradisi Romawi, orang-orang akan bertukaran buah-buahan dan madu, mendoakan satu sama lain untuk setahun ke depan. Pada hari itu, pengadilan hanya bekerja di pagi hari, jadi mereka memiliki liburan selama setengah hari.

Profesor Alston mengatakan, pada 1 Januari bangsa Romawi merayakan bentuk syukur kepada dewa pertanian Janus yang memiliki dua wajah, satu wajah melihat ke masa lalu dan satu lagi melihat ke masa depan.

"Janus diwakili sebagai pintu pembuka dan Romawi menamai bulan Januari untuk menghormatinya," kata Profesor Alston.

Profesor Alston menambahkan, Janus juga melambangkan nilai-nilai kekeluargaan, persahabatan, dan peradaban.

"Kita juga tahu bahwa orang-orang Romawi merayakan festival pertengahan musim dingin di mana mereka bertemu dengan teman-teman, bertukar hadiah, dan memiliki waktu yang baik sebelum awal tahun depan," tutur Profesor Alston. (Rangga Rahadiansyah/National Geographic Indonesia)

credit

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More